Roland Samosir
Image by Roland Samosir, S.Pd - @2013
Horas...Horas...Horas...Selamat datang di Ulu Darat Sakti, Pusuk Buhit Sakti Onan Runggu Pomparan ni Op. RAJA SONANG

Download

RPP TKJ

Kelas X :
1.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan               :  SMK Swasta HKBP Pematangsiantar
                        Mata Pelajaran                      :  Kompetensi Kejuruan
                        Kode Pelajaran                      :  071. KK - 8
                        Kelas/Semester                     :  X / 2
                        Alokasi Waktu                       : 8 x 45 menit ( 8 Jam pel.  / minggu)
 


I.          Standar Kompetensi
071. KK - 8 Melakukan instalasai sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) dan command line interface (CLI)

II.        Kompetensi Dasar
8.1. Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi berbasis GUI (graphical user interface)
.
III. Indikator
a. Kognitif
1.   Paket instalasi sistem operasi yang legal  disediakan dalam media penyimpanan yang sesuai (HD, CD, FD, DVD atau media lainnya).
2.   Installation manual sistem operasi sudah disediakan dan   dipahami
3.   Manual Media paket instalasi sistem operasi dipasang dan siap diakses.
4.   Logsheet/report-sheet telah disiapkan

b. Psikomotor :
1.   Memilih sistem operasi yang akan diinstall  secara teliti
2.   Menyediakan perangkat komputer dengan konfigurasi hardware yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis GUI
3.   Mengatur BIOS.
4.   Memasang media paket instalasi sistem operasi

c. Afektif:
1.  Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a)  Jujur
b)  Bekerja keras
c)  Gemar membaca


2.  Mengembangkan keterampilan social, meliputi:
a)  Disiplin
b)  Rasa ingin tahu
c)  Tanggung jawab

IV. Tujuan Pembelajaran
  1. Kognitif
1.    Siswa mampu menjelaskan sistem operasi yang legal  dan  ilegal
2.    Siswa mampu menjelaskan Installation Manual sistem operasi
3.    Siswa mampu membaca Manual Media paket instalasi sistem operasi.
4.    Siswa mampu menjelaskan langakah-langkah  instalasi sistem operasi dipasang sesuai dengan Installation Manual

  1. Psikomotor

1.    Siswa mampu memilih sistem operasi yang akan diinstall  secara teliti
2.    Siswa mampu mempersiapkan perangkat komputer dengan konfigurasi hardware yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis GUI
3.    Siswa mampu mengatur BIOS
4.    Siswa mampu memasang media paket instalasi sistem operasi

c.    Afektif:
1.   Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar, siswa dinilai pengamat mampu bersikap dan berperilaku  jujur, peduli, toleransi dan bertanggungjawab sesuai LP Pengamatan perilaku berkarakter.
2.   Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar, siswa dinilai pengamat mampu membuat kemajuan dam menunjukan ketrampilan social yang meliputi : bertanya, menyumbang ide  atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi .





V. Materi Pembelajaran
1.    Konsep dasar instalasi sistem operasi berbasis GUI
2.    Konsep dasar manajemen media penyimpan
3.    Jenis-jenis sistem operasi berbasis GUI
4.    Jenis dan cara pengaturan BIOS
5.    Jenis-jenis file dan aplikasinya

VI. Model dan Metode Pembelajaran

1. Model:
Model Pengajaran Langsung (MPL).
2. Metode:
 Ceramah, Presentasi, Pemberian Tugas, Praktikum, Diskusi.

VII. Media
1.  LCD dan Komputer
2.  Media Presentasi (slide).

VIII. Langkah-langkah Kegiatan.
A. Kegiatan Awal (±20 menit)
1.  Berdoa
2.  Melakukan presensi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
3.  Guru memberi salam, tegur sapa, memberi motifasi dan informasi target ketrampilan yang akan dikuasai setelah selesai pembelajaran
Nilai PBKB yang diharapkan : religius, disiplin, jujur, rasa ingin tahu  dan tanggung jawab

B. Kegiatan Inti (± 130 menit)
1.  Eksplorasi (30 menit)
a.  Guru membagi siswa dalam tatanan pembelajaran kooperatif jingsaw, setiap kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa.
b.  Guru menggali pemahaman siswa tentang macam-macam sistem operasi.
c.  Guru menjelaskan menjelaskan sistem operasi yang legal  dan  ilegal
d. Guru memisahkan kelompok mempersiapkan perangkat komputer dengan konfigurasi hardware yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis GUI
e.  Guru membagi materi praktek mengatur BIOS dan memasang media paket instalasi sistem operasi
Nilai PBKB yang diharapkan :Rasa ingin tahu, mandiri, kreatif .

2.  Elaborasi (250 menit)
a.  Guru mengawasi dan mengarahkan selama siswa melakukan praktek dalam kelompok / individu.
b.  Guru menarik hasil pembuatan laporan siswa dan mendiskusikan hasil praktek, kelompok lain diminta memberikan tanggapan.
Nilai PBKB yang diharapkan : Demokratis, komunikatif, disiplin
3.  Konfirmasi (30 menit)
a.  Guru memberikan umpan balik kepada siswa
b.  Guru mengkonfirmasikan ke siswa dalam mengatur BIOS
c.  Guru mengkonfirmasikan ke siswa dalam memasang media paket instalasi sistem operasi
Nilai PBKB yang diharapkan : Kerja keras, kreatif, komunikatif

C. Kegiatan Akhir (± 30 menit)
1.  Guru mereview kembali materi dari pertama
2.  Guru membuat kesimpulan/rangkuman materi dari hasil diskusi
3.  Guru memberikan sesi tanya jawab kepada siswa
4.  Guru menilai kemampuan siswa (Quis, postes)
5.  Guru memberikan penugasan untuk pertemuan yang akan datang
Nilai PBKB yang diharapkan : Jujur, tanggung jawab, kreatif, rasa ingin tahu, disiplin

IX. Sumber Belajar
1.    BKS kelas x semester 2
2.    Internet (en.wikipedia.org)
3.    Buku manual alat
4.    Power point KK07

X. Jenis Penilaian
A.  Tes Tertulis
B.  Tes Praktek
C. Pengamatan/Observasi





A.     Tes Tertulis

1.    Ialah pengelolaan seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) kepada pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan, serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer dapat lebih optimal, adalah pengertian dari ….
a.    Pengertian software secara umum
b.    Pengertian sistem operasi secara umum
c.    Pengertian sistem operasi secara kusus
d.    Pengertian hardware  operasi secara umum
e.    Pengertian sistem operasi secara detail
2.    Program yang dibuat untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dari sistem komputer disebut ...
a.   Program Aplikasi                                             d. Antivirus
b.   Driver                                                              e. Smadav
c.   Sistem Operasi
3.      Sistem operasi merupakan penghubung antara apa ….
a.   pengguna komputer dengan perangkat keras komputer
b.   pengguna komputer dengan perangkat software  komputer
c.   barinware  dengan perangkat pengguna  komputer
d.   barinware komputer dengan perangkat software  komputer
e.   barinware komputer dengan perangkat sistem  komputer
4.      Sebelum ada sistem operasi, orang hanya menggunakan komputer dengan menggunakan signal ….
a.   signal handpone  dan signal digital
b.   signal televisi dan signal digital
c.   signal telepone  dan signal digital
d.   signal analog dan signal gelombang
e.   signal analog dan signal digital
5.      Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu ….
a.    perangkat-keras, program aplikasi, program utility , dan brainware 
b.    perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan pengguna
c.    perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan pengguna
d.    perangkat-keras, program utility, sistem-operasi, dan pengguna
e.    perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, program utility



XI.    Rubrik Penilaian ( tes tulis, tes praktik dan observasi )

Aspek
Skor
(1-10)
Bobot
Nilai
Keterangan
Aspek Sikap :



Syarat lulus siswa minimal mencapai nilai 75
1.    Sikap jeli dan tanggap terhadap perubahan kondisi


10
2.    Keselamatan dan kesehatan kerja


5
3.    Menempatakn klasifikasi permasalahan dengan tepat


5
Apek Kognitif :



1.   Kemampuan menjawab soal latihan


5
2.   Kemampuan menjawab soal evaluasi


10
3.   Kemampuan membuat kesimpulan


5
Aspek Psikomotor :



1.    Kemampuan memilih sistem operasi yang akan diinstall 


20
2.    Kemampuan  menyiapkan perangkat komputer dengan konfigurasi hardware yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis GUI


10
3.    Melakukan pengaturan  BIOS


10
4.    Melakukan pemasangan media paket instalasi sistem operasi


20
Jumlah
100

                                                                                                                                                Pematangsiantar,    Januari 2012

            Ka. Program Keahlian                                                          Guru Mata Pelajaran,
             Teknik Komputer dan Jaringan,   




            Roland Samosir, S. Pd.                                                        Roland Samosir, S. Pd.
            NIP. -----                                                                                  NIP. -----


            Mengetahui                                                                            Menyetujui
            Kepala SMK Swasta HKBP                                                 Waka Kurikulum,
            Pematangsiantar,



            Drs. Alfonso Fieter Hutabarat                                             Lastum Lumbangaol
            NIP. 19600221 198603 1 002                                                 NIP.----

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan               :  SMK Swasta HKBP Pematangsiantar
                        Mata Pelajaran                      :  Kompetensi Kejuruan
                        Kode Pelajaran                      :  071. KK - 8
                        Kelas/Semester                     :  X / 2
                        Alokasi Waktu                       :  8 x 45 menit ( 8 Jam pel.  / minggu)
 

I.     Standar Kompetensi
071. KK - 8 Melakukan instalasai sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) dan command line interface (CLI)

II.    Kompetensi Dasar
8. 2.     Melaksanakan instalasi sistem operasi berbasis GUI sesuai installation manual

.III. Indikator
a. Kognitif
1.   Proses instalasi sistem operasi sesuai installation manual sudah dilaksanakan
2.   Seluruh file, icon, folder dan konfigurasi telah tercopy dan terkonfigurasi
3.   Mengidentifikasi jenis-jenis media penyimpan yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis GUI
4.   Pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan installation manual

b. Psikomotor :
1.   Mempersiapkan media instalasi untuk sistem operasi (Mempartisi, memformat, dan lain-lain)
2.   Menginstall sistem operasi berbasis GUI
3.   Mengatur konfigurasi sistem operasi
4.   Menginstall multi sistem operasi pada sebuah PC
5.    
c. Afektif:
1.  Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a)  Jujur
b)  Bekerja keras
c)  Gemar membaca
d)  Menghargai prestasi
2.  Mengembangkan keterampilan social, meliputi:
a)  Disiplin
b)  Rasa ingin tahu
c)  Tanggung jawab

IV. Tujuan Pembelajaran
a.  Kognitif
1.  Siswa mampu memahami instalasi sistem operasi sesuai installation manual
2.  Siswa mampu menjelaskan konfigurasi seluruh file, icon dan folder
3.  Siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis media penyimpan
4.  Siswa mampu menjelaskan langkah-langkah proses instalasi

b.  Psikomotor
1.  Siswa mampu melakukan persiapan media instalasi untuk sistem operasi (Mempartisi, memformat, dan lain-lain)
2.  Siswa mampu melakukan  installasi sistem operasi berbasis GUI
3.  Siswa mampu melakukan  konfigurasi sistem operasi
4.  Siswa mampu melakukan  installasi multi sistem operasi pada sebuah PC

c.  Afektif:
1.    Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar, siswa dinilai pengamat mampu bersikap dan berperilaku  jujur, peduli, toleransi dan bertanggungjawab sesuai LP Pengamatan perilaku berkarakter
2.    Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar, siswa dinilai pengamat mampu membuat kemajuan dam menunjukan ketrampilan social yang meliputi : bertanya, menyumbang ide  atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi .
V. Materi Pembelajaran
1.    Langkah instalasi sistem operasi.
2.    Instalasi driver periferal pendukung  (misal : mother-board, VGA, sound, NIC, dan lain-lain).
3.    Pengaturan konfigurasi pada sistem operasi (Misal : pengaturan user, time zone, dan lain-lain).



VI. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model:
Model Pengajaran Langsung (MPL).
2. Metode:
 Ceramah, Presentasi, Pemberian Tugas, Praktikum, Diskusi.

VII. Media Pembelajaran
1.  LCD dan Komputer
2.  Media Presentasi (slide).

VIII. Langkah-langkah Kegiatan.
Pertemuan ke 1
A. Kegiatan Awal (±20 menit)
1.  Berdoa
2.  Melakukan presensi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
3.  Guru memberi salam, tegur sapa, memberi motifasi dan informasi target ketrampilan yang akan dikuasai setelah selesai pembelajaran .
Nilai PBKB yang diharapkan : religius, disiplin, jujur, rasa ingin tahu  dan tanggung jawab

B. Kegiatan Inti (± 130 menit)
1.  Eksplorasi (30 menit)
a.  Guru membagi siswa dalam tatanan pembelajaran kooperatif jingsaw, setiap kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa.
b.  Guru menggali pemahaman siswa tentang  jenis-jenis media penyimpan
c.  Guru menjelaskan melakukan persiapan media instalasi untuk sistem operasi (Mempartisi, memformat, dan lain-lain)
d.  Guru memisahkan kelompok untuk  melakukan  installasi sistem operasi berbasis GUI
e.  Guru membagi materi praktek sesuai dengan alat praktek yang tersedia melakukan  installasi multi sistem operasi pada sebuah PC.
Nilai PBKB yang diharapkan :Rasa ingin tahu, mandiri, kreatif)

2.  Elaborasi (70 menit)
a.  Guru mengawasi dan mengarahkan selama siswa melakukan praktek dalam kelompok / individu.
b.  Guru menarik hasil pembuatan laporan siswa dan mendiskusikan hasil praktek, kelompok lain diminta memberikan tanggapan.
Nilai PBKB yang diharapkan : Demokratis, komunikatif, disiplin

3.  Konfirmasi (30 menit)
a.  Guru memberikan umpan balik kepada siswa
b.  Guru mengkonfirmasikan ke siswa dalam melakukan  konfigurasi sistem operasi
c.  Guru mengkonfirmasikan ke siswa dalam melakukan  installasi multi sistem operasi pada sebuah PC
Nilai PBKB yang diharapkan : Kerja keras, kreatif, komunikatif

C. Kegiatan Akhir (±30 menit)
1.  Guru mereview kembali materi dari pertama
2.  Guru membuat kesimpulan/rangkuman materi dari hasil diskusi
3.  Guru memberikan sesi tanya jawab kepada siswa
4.  Guru menilai kemampuan siswa (Quis, postes)
5.  Guru memberikan penugasan untuk pertemuan yang akan datang
Nilai PBKB yang diharapkan : Jujur, tanggung jawab, kreatif, rasa ingin tahu, disiplin

IX. Sumber Belajar
  1. BKS kelas x semester 2
  2. Internet (en.wikipedia.org)
  3. Buku manual alat
  4. Power point KK07

X. Jenis Penilaian
A.  Tes Tertulis
B.  Tes Praktek
C. Pengamatan/Observasi

A.     Tes Tertulis
1.    Sistem operasi mempunyai tiga sasaran utama yaitu ....
a.    Kenyamanan, efisien, dan mampu berinovasi
b.    Kenyamanan, efisien, dan mampu berenovasi
c.    Kenyamanan, handal, dan mampu berovolusi
d.    Kenyamanan, handal , dan mampu berinovasi
e.    Kenyamanan, efisien, dan mampu berevolusi

2.    Sistem operasi harus dibangun sehingga memungkinkan dan memudahkan  pengembangan, pengujian serta pengajuan sistem yang baru, artinya ....
a.    kenyamanan
b.    berevolusi
c.    efisien
d.    kehandalan
e.    familier
3.    System operasi berbasis text artinya user berinteraksi dengan sistem dengan perintah-perintah yang berupa text. Dibawah ini sistem operasi yang berbasis text adalah ....
a.    Windows 98
b.    Windows XP
c.    Windows Vista
d.    Windows 7
e.    Open BSD

4.    Pada sistem ini user dapat berinteraksi dengan system operasi melalui gambar-gambar/ simbol-simbol, dan tentu hal ini akan lebih memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pengguna. System operasi yang berbasis GUI seringkali disebut dengan peristilahan....
a.    User Comand Line Interface
b.    User administrator
c.    User Friendly
d.    User difficult
e.    User easy

5.    Gambar dibawah ini menunjukan ....
 
a.    Proses scandisk
b.    Proses defragmenter 
c.    Proses partisi disk
d.    Proses backup
e.    Proses cleanup



f.      



XII.         Rubrik Penilaian ( tes tulis, tes praktik dan observasi )

Aspek
Skor
(1-10)
Bobot
Nilai
Keterangan
Aspek Sikap :



Syarat lulus siswa minimal mencapai nilai 75
1.    Sikap jeli dan tanggap terhadap perubahan kondisi


10
2.    Keselamatan dan kesehatan kerja


5
3.    Menempatakn klasifikasi permasalahan dengan tepat


5
Apek Kognitif :



1.      Kemampuan menjawab soal latihan


5
2.      Kemampuan menjawab soal evaluasi


10
3.      Kemampuan membuat kesimpulan


5
Aspek Psikomotor :



1.    Kemampuan melakukan  mempersiapkan media instalasi untuk sistem operasi (Mempartisi, memformat, dan lain-lain)


20
2.    Kemampuan  melakukan  installasi sistem operasi berbasis GUI


10
3.    Kemampuan  melakukan  konfigurasi sistem operasi


10
4.    Kemampuan  melakukan  installasi multi sistem operasi pada sebuah PC


20
Jumlah
100

                                                                                                           








                                                                                                            Pematangsiantar,    Januari 2012

            Ka. Program Keahlian                                                          Guru Mata Pelajaran,
             Teknik Komputer dan Jaringan,   




            Roland Samosir, S. Pd.                                                        Roland Samosir, S. Pd.
            NIP. -----                                                                                  NIP. -----



            Mengetahui                                                                            Menyetujui
            Kepala SMK Swasta HKBP                                                 Waka Kurikulum,
            Pematangsiantar,





            Drs. Alfonso Fieter Hutabarat                                             Lastum Lumbangaol
            NIP. 19600221 198603 1 002                                                 NIP.----




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan               :  SMK Swasta HKBP Pematangsiantar
                        Mata Pelajaran                      :  Kompetensi Kejuruan
                        Kode Pelajaran                      :  071. KK - 8
                        Kelas/Semester                     :  X / 2
                        Alokasi Waktu                       : 8 x 45 menit ( 8 Jam pel.  / minggu)

 

I.   Standar Kompetensi
071. KK - 8 Melakukan instalasai sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) dan command line interface (CLI)

II.  Kompetensi Dasar
8.3. Menjelaskan langkah instalasi sistem operasi berbasis command line interface (CLI)
.
III. Indikator
a. Kognitif
1.   Proses instalasi sistem operasi sesuai installation manual sudah dilaksanakan
2.   Seluruh file, icon, folder dan konfigurasi telah ter-copy dan terkonfigurasi
3.   Mengidentifikasi jenis-jenis media penyimpan yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis GUI
4.   Pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan installation manual

b. Psikomotor :
1.   Menyediakan perangkat komputer dengan konfigurasi hardware yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis text
2.   Mempersiapkan media instalasi untuk sistem operasi (Mempartisi, memformat, dan lain-lain)
3.   Menginstall sistem operasi berbasis CLI
4.   Mengatur konfigurasi sistem operasi

c. Afektif:
1.  Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a)    Jujur
b)    Bekerja keras
c)    Gemar membaca
d)    Menghargai prestasi
2.  Mengembangkan keterampilan social, meliputi:
a)    Disiplin
b)    Rasa ingin tahu
c)    Tanggung jawab

IV. Tujuan Pembelajaran
a.  Kognitif
1.  Siswa mampu memahami instalasi sistem operasi sesuai installation manual
2.  Siswa mampu menjelaskan konfigurasi seluruh file, icon, folder
3.  Siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis media penyimpan
4.  Siswa mampu menjelaskan langkah-langkah proses instalasi

b.  Psikomotor
1.  Siswa mampu menyediakan perangkat komputer dengan konfigurasi hardware yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis text
2.  Siswa mampu melakukan persiapan media instalasi untuk sistem operasi (Mempartisi, memformat, dan lain-lain
3.  Siswa mampu melakukan  installasi sistem operasi berbasis CLI
4.  Siswa mampu melakukan  konfigurasi sistem operasi.

c.  Afektif:
1.  Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar, siswa dinilai pengamat mampu bersikap dan berperilaku  jujur, peduli, toleransi dan bertanggungjawab sesuai LP Pengamatan perilaku berkarakter.




2.  Keterampilan Social
Terlibat dalam proses belajar mengajar, siswa dinilai pengamat mampu membuat kemajuan dam menunjukan ketrampilan social yang meliputi : bertanya, menyumbang ide  atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi .


V. Materi Pembelajaran
1.      Konsep dasar instalasi sistem operasi berbasis text
2.      Konsep dasar manajemen media penyimpan
3.      Jenis-jenis sistem operasi berbasisi text
4.      Jenis dan cara pengaturan BIOS.
5.      Jenis-jenis file dan konfigurasinya

VI. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model:
Model Pengajaran Langsung (MPL).
2. Metode:
 Ceramah, Presentasi, Pemberian Tugas, Praktikum, Diskusi.

VII. Media
1.  LCD dan Komputer
2.  Media Presentasi (slide).

VIII. Langkah-langkah Kegiatan.
Pertemuan ke 1
A. Kegiatan Awal (±20 menit)
1.    Berdoa
2.    Melakukan presensi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
3.    Guru memberi salam, tegur sapa, memberi motifasi dan informasi target ketrampilan yang akan dikuasai setelah selesai pembelajaran
Nilai PBKB yang diharapkan : religius, disiplin, jujur, rasa ingin tahu  dan tanggung jawab

B. Kegiatan Inti (± 130 menit)
1.    Eksplorasi (30 menit)
a.  Guru membagi siswa dalam tatanan pembelajaran kooperatif jingsaw, setiap kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa.
b.  Guru menggali pemahaman siswa tentang pemahaman  sistem operasi
c.  Guru menjelaskan jenis-jenis media penyimpan sistem operasi
d. Guru memisahkan kelompok menyiapkan perangkat komputer dengan konfigurasi hardware yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis text
e.  Guru membagi materi praktek melakukan persiapan media instalasi untuk sistem operasi (Mempartisi, memformat, dan lain-lain
f. Guru membimbing siswa dalam melakukan  installasi sistem operasi berbasis CLI dan melakukan  konfigurasi sistem operasi.
Nilai PBKB yang diharapkan :Rasa ingin tahu, mandiri, kreatif)

2.    Elaborasi (70 menit)
a.  Guru mengawasi dan mengarahkan selama siswa melakukan praktek dalam kelompok / individu.
b.  Guru menarik hasil pembuatan laporan siswa dan mendiskusikan hasil praktek, kelompok lain diminta memberikan tanggapan.
Nilai PBKB yang diharapkan : Demokratis, komunikatif, disiplin

3.    Konfirmasi (30 menit)
a.  Guru memberikan umpan balik kepada siswa
b.  Guru mengkonfirmasikan hasil praktik yang dilakukan siswa dalam melakukan  installasi sistem operasi berbasis CLI
c.  Guru mengkonfirmasikan hasil praktik dalam konfigurasi sistem operasi yang dilakukan siswa.
Nilai PBKB yang diharapkan : Kerja keras, kreatif, komunikatif

C.    Kegiatan Akhir (± 30 menit)
1.  Guru mereview kembali materi dari pertama
2.  Guru membuat kesimpulan/rangkuman materi dari hasil diskusi
3.  Guru memberikan sesi tanya jawab kepada siswa
4.  Guru menilai kemampuan siswa (Quis, postes)
5.  Guru memberikan penugasan untuk pertemuan yang akan datang
Nilai PBKB yang diharapkan : Jujur, tanggung jawab, kreatif, rasa ingin tahu, disiplin

IX. Sumber Belajar
5.    BKS kelas x semester 2
6.    Internet (en.wikipedia.org)
7.    Buku manual alat
8.    Power point KK07

X. Jenis Penilaian
A.  Tes Tertulis
B.  Tes Praktek
C. Pengamatan/Observasi

A.         Tes Tertulis
1.      Sebelum melakukan instalasi, tutuplah semua program yang berjalan (running), termasuk nonaktifkan program SCREEEN SAVER, ADVANCED POWER MANAGEMENT SETTINGS, dan program-program lainya, karena bisa mengganggu proses setup. Langkah nonaktifkan program SCREEEN SAVER adalah....
a.    Display properties > Background > pilih setting Screen saver none > Ok
b.    Display properties > Effect  > pilih setting Screen saver none > Ok
c.    Display properties > Screen saver > pilih setting Screen saver none > Ok
d.    Display properties > Setting > pilih setting Screen saver none > Ok
e.    Display properties > Appearance > pilih setting Screen saver none > Ok




2.    Untuk melaksanakan instalasi System operasi Linux, tentu dibutuhkan master program Linux. Master program yang akan digunakan dapat tersimpan dalam ....
a.    CD, DVD, Disket, Harddisk
b.    CD, DVD, Disket, Server (internet FTP)
c.    CD, DVD, Disket, Harddisk , Flasdisk
d.    CD, DVD, Disket, Harddisk, Flasdisk
e.    CD, Server (internet FTP), Harddisk



3.    Restart / reboot komputer anda, Saat komputer melakukan booting tekan dan tahan tombol DEL, hal ni akan membawa ke menu SET UP BIOS, Selanjutnya pilih Advance BIOS,Jadikan floppy disk sebagai first booting system. Adalah booting melalui .....
a.    booting melalui harddisk
b.    booting melalui Removable disk
c.    booting melalui Flashdisk
d.    booting melalui disket
e.    booting melalui CD


4.    Restart / reboot komputer anda, Saat komputer melakukan booting tekan tombol DEL. Hal ini akan membawa terbukanya menu SET UP BIOS C-MOS, Pilih Advance BIOS, Jadikan CD-ROM sebagai first booting system. Booting tersebut melalui ...
a.    booting melalui harddisk
b.    booting melalui Removable disk
c.    booting melalui Flashdisk
d.    booting melalui disket
e.    booting melalui CD


5.    Hal ini akan membawa terbukanya menu SET UP BIOS C-MOS Saat komputer melakukan booting tekan tombol ....
a.    F12
b.    Enter
c.    Shift
d.    Ctrl
e.    F2/Delete



XI.    Rubrik Penilaian ( tes tulis, tes praktik dan observasi )

Aspek
Skor
(1-10)
Bobot
Nilai
Keterangan
Aspek Sikap :



Syarat lulus siswa minimal mencapai nilai 75
1.    Sikap jeli dan tanggap terhadap perubahan kondisi


10
2.    Keselamatan dan kesehatan kerja


5
3.    Menempatakn klasifikasi permasalahan dengan tepat


5
Apek Kognitif :



1.    Kemampuan menjawab soal latihan


5
2.    Kemampuan menjawab soal evaluasi


10
3.    Kemampuan membuat kesimpulan


5
Aspek Psikomotor :



1.    Kemampuan menyediakan perangkat komputer dengan konfigurasi hardware yang sesuai untuk instalasi sistem operasi berbasis text


20
2.    Kemampuan  melakukan persiapan media instalasi untuk sistem operasi (Mempartisi, memformat, dan lain-lain


10
3.    Kemampuan  melakukan  installasi sistem operasi berbasis CLI


10
4.    Kemampuan   melakukan  konfigurasi sistem operasi.


20
Jumlah
100
                                                                                                           
                                                                                               











                                                                                                            Pematangsiantar,    Januari 2012

            Ka. Program Keahlian                                                          Guru Mata Pelajaran,
             Teknik Komputer dan Jaringan,   





            Roland Samosir, S. Pd.                                                        Roland Samosir, S. Pd.
            NIP. -----                                                                                  NIP. -----




            Mengetahui                                                                            Menyetujui
            Kepala SMK Swasta HKBP                                                 Waka Kurikulum,
            Pematangsiantar,





            Drs. Alfonso Fieter Hutabarat                                             Lastum Lumbangaol
            NIP. 19600221 198603 1 002                                                 NIP.----



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan               :  SMK Swasta HKBP Pematangsiantar
                        Mata Pelajaran                      :  Kompetensi Kejuruan
                        Kode Pelajaran                      :  071. KK - 8
                        Kelas/Semester                     :  X / 2
                        Alokasi Waktu                       : 8 x 45 menit ( 8 Jam pel.  / minggu)

 


I.     Standar Kompetensi
071. KK - 8 Melakukan instalasai sistem operasi berbasis graphical user interface (GUI) dan command line interface (CLI)

II.    Kompetensi Dasar
8.4.    Melaksanakan instalasi sistem operasi berbasis text sesuai installation manual.

III.   Indikator
a. Kognitif
1.   Proses instalasi sesuai installation manual sudah dilaksanakan
2.   Mengidentiifkasi langkah-langkah installasi sistem operasi
3.   Seluruh file, direktori dan konfigurasi telah tercopy dan terkonfigurasi
4.   Pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan installation manual

 b. Psikomotor :
1.   Mengikuti prosedur dalam instalasi sistem operasi
2.   Mengidentifikasi file, folder dan konfigurasi pada sistem operasi berbasis text
3.   Menginstall sistem operasi berbasis text
4.   Mengatur konfigurasi sistem operasi

c. Afektif:
1.    Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a)  Jujur
b)  Bekerja keras
c)  Gemar membaca
d)  Menghargai prestasi


2.    Mengembangkan keterampilan social, meliputi:
a)  Disiplin
b)  Rasa ingin tahu
c)  Tanggung jawab

IV. Tujuan Pembelajaran
a.  Kognitif
1.  Siswa mampu menjelaskan  proses instalasi sesuai installation manual sudah dilaksanakan
2.  Siswa mampu mengidentiifkasi langkah-langkah installasi sistem operasi
3.  Siswa mampu menjelaskan langakah-langkah mengkonfigurasi seluruh file dan direktori
4.  Siswa mampu menjelaskan proses instalasi telah berhasil dilaksanakan

b.  Psikomotor
1.  Siswa mampu melakukan  prosedur dalam instalasi sistem operasi.
2.  Siswa mampu melakukan  konfigurasi pada sistem operasi berbasis text
3.  Siswa mampu melakukan installasi sistem operasi berbasis text
4. Siswa mampu mengatur konfigurasi sistem operasi

c.  Afektif:
1.    Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar, siswa dinilai pengamat mampu bersikap dan berperilaku  jujur, peduli, toleransi dan bertanggungjawab sesuai LP Pengamatan perilaku berkarakter.
2.    Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar, siswa dinilai pengamat mampu membuat kemajuan dam menunjukan ketrampilan social yang meliputi : bertanya, menyumbang ide  atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi .







V. Materi Pembelajaran
1.    Pengaturan konfigurasi awal pra-instalasi (misal : membuat batch file, instalasi driver CDROM under text mode)
2.    Langkah instalasi sistem operasi
3.    Instalasi driver periferal pendukung  (misal : motherboard, vga, sound, nic, dan lain-lain)
4.    Pengaturan konfigurasi pada sistem operasi (misal : pengaturan user, hak akses, dll

VI. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model:
Model Pengajaran Langsung (MPL).
2. Metode:
Ceramah, Presentasi, Pemberian Tugas, Praktikum, Diskusi.

VII. Media
1.  LCD dan Komputer
2.  Media Presentasi (slide).

VIII. Langkah-langkah Kegiatan.
Pertemuan ke 1
A. Kegiatan Awal (±20 menit)
1.  Berdoa
2.  Melakukan presensi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
3.  Guru memberi salam, tegur sapa, memberi motifasi dan informasi target ketrampilan yang akan dikuasai setelah selesai pembelajaran
Nilai PBKB yang diharapkan : religius, disiplin, jujur, rasa ingin tahu  dan tanggung jawab

B. Kegiatan Inti (± 130 menit)
1.    Eksplorasi (30 menit)
a.    Guru membagi siswa dalam tatanan pembelajaran kooperatif jingsaw, setiap kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa.
b.    Guru menjelaskan  tentang konfigurasi seluruh file, direktori dan telah tercopy dan terkonfigurasi
c.  Guru menjelaskan langakah-langkah prosedur dalam instalasi sistem operasi.
d.  Guru memisahkan kelompok melakukan installasi sistem operasi berbasis text
e.    Guru membagi materi praktek sesuai dengan alat praktek yang tersedia dalam mengatur konfigurasi sistem operasi
Nilai PBKB yang diharapkan :Rasa ingin tahu, mandiri, kreatif)

2.  Elaborasi (70 menit)
a.    Guru mengawasi dan mengarahkan selama siswa melakukan praktek dalam kelompok / individu.
b.    Guru menarik hasil pembuatan laporan siswa dan mendiskusikan hasil praktek, kelompok lain diminta memberikan tanggapan.
Nilai PBKB yang diharapkan : Demokratis, komunikatif, disiplin

3.  Konfirmasi (30 menit)
a.    Guru memberikan umpan balik kepada siswa
b.    Guru mengkonfirmasikan  langakah-langkah mengkonfigurasi seluruh file dan direktori
c.    Guru mengkonfirmasikan pengaturan konfigurasi pada sistem operasi
Nilai PBKB yang diharapkan : Kerja keras, kreatif, komunikatif

C. Kegiatan Akhir(± 30 menit)
1.    Guru mereview kembali materi dari pertama
2.    Guru membuat kesimpulan/rangkuman materi dari hasil diskusi
3.    Guru memberikan sesi tanya jawab kepada siswa
4.    Guru menilai kemampuan siswa (Quis, postes)
5.    Guru memberikan penugasan untuk pertemuan yang akan datang
Nilai PBKB yang diharapkan : Jujur, tanggung jawab, kreatif, rasa ingin tahu, disiplin

IX. Sumber Belajar
  1. BKS kelas x semester 2
  2. Internet (en.wikipedia.org)
  3. Buku manual alat
  4. Power point KK07

X. Jenis Penilaian
A.  Tes Tertulis
B.  Tes Praktek
C. Pengamatan/Observasi

A.    Tes Tertulis
1.    Sistem operasi merupakan bagian yang sangat penting, untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat ....
a.    Perangkat Lunak
b.    Perangkat Sistem Operasi
c.    Perangkat Keras / Hardware
d.    Brainware / Pengguna
e.    Perangkat Aplikasi
2.    Salah satu sistem operasi berbasis CLI yang saat ini banyak digunakan di pasar/masyarakat adalah ....
a.    Linux
b.    MS Windows
c.    Mancintos 
d.    DOS 
e.    Unix
3.      Sistem  operasi  mempunyai  sasaran  utama yaitu ?
a.   Kenyamanan                                                   d. Mempersulit
b.   Kekurangan                                                     e. Kurang efisien
c.   Memperlambat pekerjaan
4.      Sebelum melakukan installasi Sistem Operasi pada komputer, terlebih dahulu pengaturan apa yang harus kita lakukan ...
a.   Mengatur posisi Booting
b.   Membersihkan komputer terlebih dahalu
c.   Memasukkan CD Sistem Operesi kedalam disk drive
d.   Membuka kasing
e.   Mengecek Processor
5.      Sistem file yang digunakan dalam sistem operasi Linux adalah ….
a.   FAT dan Swap                                                d. NTFS dan Swap
b.   NTFS dan Ext4                                               e. Swap dan Ext3
c.   NTFS dan FAT









XI.    Rubrik Penilaian ( tes tulis, tes praktik dan observasi )

Aspek
Skor
(1-10)
Bobot
Nilai
Keterangan
Aspek Sikap :



Syarat lulus siswa minimal mencapai nilai 75
1.    Sikap jeli dan tanggap terhadap perubahan kondisi


10
2.    Keselamatan dan kesehatan kerja


5
3.    Menempatakn klasifikasi permasalahan dengan tepat


5
Apek Kognitif :



1.      Kemampuan menjawab soal latihan


5
2.      Kemampuan menjawab soal evaluasi


10
3.      Kemampuan membuat kesimpulan


5
Aspek Psikomotor :



1.      Kemampuan melakukan  prosedur dalam instalasi sistem operasi.


20
2.    Kemampuan melakukan  konfigurasi pada sistem operasi berbasis text


10
2.       Kemampuan  melakukan installasi sistem operasi berbasis text


10
4.   Kemampuan  mengatur konfigurasi sistem operasi


20
Jumlah
100

                                                                                                            Pematangsiantar,    Januari 2012

            Ka. Program Keahlian                                                          Guru Mata Pelajaran,
             Teknik Komputer dan Jaringan,   




            Roland Samosir, S. Pd.                                                        Roland Samosir, S. Pd.
            NIP. -----                                                                                  NIP. -----


            Mengetahui                                                                            Menyetujui
            Kepala SMK Swasta HKBP                                                 Waka Kurikulum,
            Pematangsiantar,



            Drs. Alfonso Fieter Hutabarat                                             Lastum Lumbangaol
            NIP. 19600221 198603 1 002                                                 NIP.----

2.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan               :  SMK Swasta HKBP Pematangsiantar   
Mata Pelajaran                      :  Produktif TKJ
                        Kode Pelajaran                      :  071. KK - 9
                        Kelas/Semester                     :  X / 2
                        Alokasi Waktu                       : 4 x 45 menit ( 8 Jam pel.  / minggu)

 

I.          Standar Kompetensi
071.KK-9  Melakukan instalasi software

II.        Kompetensi Dasar
9.1. Menjelaskan langkah instalasi software
.
III. Indikator
a. Kognitif
1.   Paket instalasi software yang legal sudah disediakan dalam media penyimpanan yang sesuai (HD, CD, FD, DVD atau media lainnya)
2.   Installation manual software sudah disediakan dan   dipahami
3.   Perangkat komputer sudah dinyalakan, dengan sistem operasi dan persyaratan hardware sesuai dengan Installation Manual
4.   Media paket instalasi software sudah dipasang dan siap diakses.
5.   Log-sheet/report-sheet telah disiapkan

b. Psikomotor :
1.   Memilih software  secara teliti
2.   Menjelaskan jenis-jenis software
3.   Menjelaskan teknis dan metode instalasi aplikasi yang digunakan dalam peningkatan kerja dan kinerja sistem
4.   Mengidentifikasikan jenis-jenis software aplikasi yang digunakan dalam peningkatan kerja dan kinerja sistem  (misal : aplikasi ghost, partition magic, anti virus, office, grafis, multimedia, kompresi dan lain-lain)





c. Afektif:
1.  Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a)  Jujur
b)  Bekerja keras
c)  Gemar membaca
d)  Menghargai prestasi
2.  Mengembangkan keterampilan social, meliputi:
a)  Disiplin
b)  Rasa ingin tahu
c)  Tanggung jawab

IV. Tujuan Pembelajaran
  1. Kognitif
1.    Siswa mampu menentukan paket instalasi software yang legal.
2.    Siswa mampu membaca Installation Manual software.
3.    Siswa mampu menjelaskan persyaratan hardware atau perangkat komputer untuk instalasi software
4.    Siswa mampu menjelaskan media paket instalasi software
5.    Siswa mampu menjelaskan jenis-jenis software

  1. Psikomotor

1.    Siswa mampu memilih software legal secara teliti.
2.    Siswa mampu melakukan  instalasi aplikasi yang digunakan dalam peningkatan kerja dan kinerja sistem
3.    Siswa mampu mengidentifikasi jenis-jenis software aplikasi yang digunakan dalam peningkatan kerja dan kinerja sistem 

c.    Afektif:
1.   Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar, siswa dinilai pengamat mampu bersikap dan berperilaku  jujur, peduli, toleransi dan bertanggungjawab sesuai LP Pengamatan perilaku berkarakter.



2.   Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar, siswa dinilai pengamat mampu membuat kemajuan dam menunjukan ketrampilan social yang meliputi : bertanya, menyumbang ide  atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi .

V. Materi Pembelajaran
1.    Jenis-jenis software
2.    Teknis dan metode instalasi software aplikasi
3.    Pemanfaatan aplikasi dalam peningkatan kinerja sistem
4.    Pemanfaatan aplikasi dalam teknis perbaikan dan perawatan PC

VI. Model dan Metode Pembelajaran

1. Model:
Model Pengajaran Langsung (MPL).
2. Metode:
 Ceramah, Presentasi, Pemberian Tugas, Praktikum, Diskusi.

VII. Media
1.  LCD dan Komputer
2.  Media Presentasi (slide).

VIII. Langkah-langkah Kegiatan.
A. Kegiatan Awal (±20 menit)
1.  Berdoa
2.  Melakukan presensi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
3.  Guru memberi salam, tegur sapa, memberi motifasi dan informasi target ketrampilan yang akan dikuasai setelah selesai pembelajaran
Nilai PBKB yang diharapkan : religius, disiplin, jujur, rasa ingin tahu  dan tanggung jawab

B. Kegiatan Inti (± 130 menit)
1.  Eksplorasi (30 menit)
a.  Guru membagi siswa dalam tatanan pembelajaran kooperatif jingsaw, setiap kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa.
b.  Guru menggali pemahaman siswa tentang Jenis-jenis software.
c.  Guru menjelaskan langakah-langkah  teknis dan metode instalasi software aplikasi

d. Guru memisahkan kelompok permasalahan  memilih software legal secara teliti.
e.  Guru membagi materi praktek untuk mengidentifikasi jenis-jenis software aplikasi yang digunakan dalam peningkatan kerja dan kinerja sistem 
Nilai PBKB yang diharapkan :Rasa ingin tahu, mandiri, kreatif .

2.  Elaborasi (250 menit)
a.  Guru mengawasi dan mengarahkan selama siswa melakukan praktek dalam kelompok / individu.
b.  Guru menarik hasail pembuatan laporan siswa dan mendiskusikan hasil praktek, kelompok lain diminta memberikan tanggapan.
Nilai PBKB yang diharapkan : Demokratis, komunikatif, disiplin

3.  Konfirmasi (30 menit)
a.  Guru memberikan umpan balik kepada siswa
b.  Guru membantu melakukan identifikasi metode instalasi aplikasi yang digunakan dalam peningkatan kerja dan kinerja sistem
c.  Guru membantu siswa dalam membuat laporan.
Nilai PBKB yang diharapkan : Kerja keras, kreatif, komunikatif

C. Kegiatan Akhir (± 30 menit)
1.  Guru mereview kembali materi dari pertama
2.  Guru membuat kesimpulan/rangkuman materi dari hasil diskusi
3.  Guru memberikan sesi tanya jawab kepada siswa
4.  Guru menilai kemampuan siswa (Quis, postes)
5.  Guru memberikan penugasan untuk pertemuan yang akan datang
Nilai PBKB yang diharapkan : Jujur, tanggung jawab, kreatif, rasa ingin tahu, disiplin

IX. Sumber Belajar
1.    Buku Manual Aplikasi
2.    Majalah Komputer
3.    Modul Power Point
4.    Peralatan (Komputer, Source Software Aplikasi)


X. Jenis Penilaian
A.  Tes Tertulis
B.  Tes Praktek
C. Pengamatan/Observasi

A.     Tes Tertulis

1.    Sebelum menginstalasi software sebaiknya tentukan dulu sistem aplikasi mana yang akan diinstal, sehingga sesuai dengan kebutuhan. Dalam memilih sistem aplikasi ada beberapa hal yang kita perhatikan, diantaranya yaitu..... (kecuali)
a.    Sistem aplikasi sesuai dengan kebutuhan
A.    Sistem aplikasi dapat dioperasikan sesuai dengan komputer yang dimiliki
B.    Sistem operasi mudah dalam instalasi dan pengoperaisannya
C.   Sistem aplikasi memiliki kompabilitas
D.   Sistem aplikasi terbaru dengan menu terlengkap

2.    Salah satu perangkat lunak yang bertugas mengatur proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanajemen memori dan perangkat keras lainnya adalah ......
A.    Cobol
B.    basic
C.   Open Office
D.   Unix
E.    BIOS

3.    Sedangkan salah satu perangkat lunak berikut ini yang berfungsi memeriksa kerusakan pada disk dan mengatur ulang isi hardisk adalah .....
A.    Windows eksplorer
B.    Windows formating
C.   Norton utility
D.   Direct operating system
E.    Scandisk

4.    Dibawah ini termasuk perangkat aplikasi pemroses tabel, (kecuali)...
A.    MS-Excel
B.    Chi Writer
C.   Open office calc
D.   Lotus 123
E.    Quatro Pro

5.    Yang bukan termasuk perangkat aplikasi multi media adalah....
A.    FLY player
B.    FLV player
C.   Real player
D.   DVD player
E.    Jet Audio




XI.    Rubrik Penilaian ( tes tulis, tes praktik dan observasi )

Aspek
Skor
(1-10)
Bobot
Nilai
Keterangan
Aspek Sikap :



Syarat lulus siswa minimal mencapai nilai 75
1.    Sikap jeli dan tanggap terhadap perubahan kondisi


10
2.    Keselamatan dan kesehatan kerja


5
3.    Menempatakn klasifikasi permasalahan dengan tepat


5
Apek Kognitif :



1.   Kemampuan menjawab soal latihan


5
2.   Kemampuan menjawab soal evaluasi


10
3.   Kemampuan membuat kesimpulan


5
Aspek Psikomotor :



1.    Kemampuan memilih software legal secara teliti


20
2.    Melakukan  melakukan metode instalasi aplikasi yang digunakan dalam peningkatan kerja dan kinerja sistem.


10
3.    Melakukan identifikasi jenis-jenis software aplikasi yang digunakan dalam peningkatan kerja dan kinerja sistem 


10
4.    Membuat laporan


20
Jumlah
100


                                                                                                            Pematangsiantar,    Januari 2012

            Ka. Program Keahlian                                                          Guru Mata Pelajaran,
             Teknik Komputer dan Jaringan,   




            Roland Samosir, S. Pd.                                                        Roland Samosir, S. Pd.
            NIP. -----                                                                                  NIP. -----


            Mengetahui                                                                            Menyetujui
            Kepala SMK Swasta HKBP                                                 Waka Kurikulum,
            Pematangsiantar,



            Drs. Alfonso Fieter Hutabarat                                             Lastum Lumbangaol
            NIP. 19600221 198603 1 002                                                 NIP.----

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan               :  SMK Swasta HKBP Pematangsiantar
                        Mata Pelajaran                      :  Produktif TKJ
                        Kode Pelajaran                      :  071. KK - 9
                        Kelas/Semester                     :  X / 2
                        Alokasi Waktu                       :  4 x 45 menit ( 8 Jam pel.  / minggu)

 

I.     Standar Kompetensi
071.KK-9  Melakukan instalasi software

II.    Kompetensi Dasar
9. 2.   Melaksanakan instalasi software sesuai installation manual

.III. Indikator
a. Kognitif
1.   Proses instalasi sesuai Installation Manual sudah dilaksanakan
2.   Langkah-langkah instalasi software aplikasi
3.   Seluruh file, icon (jika ada) dan konfigurasi telah tercopy dan terkonfigurasi
4.   Pada layar muncul pesan bahwa proses instalasi telah berhasil dilaksanakan sesuai dengan Installation Manual

b. Psikomotor :
1.   Melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam instalasi
2.   Menjelaskan perbedaan dan karakteristik antara tiap-tiap program aplikasi
3.   Memilih aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi yang terinstall
4.   Menginstall software aplikasi sesuai kebutuan

c. Afektif:
1.  Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a)  Jujur
b)  Bekerja keras
c)  Gemar membaca
d)  Menghargai prestasi


2.  Mengembangkan keterampilan social, meliputi:
a)  Disiplin
b)  Rasa ingin tahu
c)  Tanggung jawab

IV. Tujuan Pembelajaran
a.  Kognitif
1.  Siswa mampu menentukan proses instalasi sesuai Installation Manual.
2.  Siswa mampu menjelaskan langkah-langkah instalasi software aplikasi
3.  Siswa mampu menjelaskan perbedaan dan karakteristik antara tiap-tiap program aplikasi
4.  Siswa mampu menjelaskan langkah-langkah Installation sesuai dengan Manual Book

b.  Psikomotor
1.  Siswa mampu melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam instalasi.
2.  Siswa mampu memilih aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi
3. Siswa mampu mencatat langkah-langkah Installation sesuai dengan Manual Book
4.  Siswa mampu menginstall software aplikasi sesuai kebutuan

c.  Afektif:
1.    Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar, siswa dinilai pengamat mampu bersikap dan berperilaku  jujur, peduli, toleransi dan bertanggungjawab sesuai LP Pengamatan perilaku berkarakter
2.    Keterampilan Sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar, siswa dinilai pengamat mampu membuat kemajuan dam menunjukan ketrampilan social yang meliputi : bertanya, menyumbang ide  atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi .

V. Materi Pembelajaran
1.    Kondisi sistem operasi yang sesuai untuk tiap-tiap software aplikasi
2.    Langkah instalasi software aplikasi berbasis text dan GUI
3.    Pengaturan konfigurasi dan petunjuk operasi tiap-tiap aplikasi



VI. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model:
Model Pengajaran Langsung (MPL).
2. Metode:
 Ceramah, Presentasi, Pemberian Tugas, Praktikum, Diskusi.

VII. Media Pembelajaran
1.  LCD dan Komputer
2.  Media Presentasi (slide).

VIII. Langkah-langkah Kegiatan.
Pertemuan ke 1
A. Kegiatan Awal (±20 menit)
1.  Berdoa
2.  Melakukan presensi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
3.  Guru memberi salam, tegur sapa, memberi motifasi dan informasi target ketrampilan yang akan dikuasai setelah selesai pembelajaran Nilai PBKB yang diharapkan : religius, disiplin, jujur, rasa ingin tahu  dan tanggung jawab

B. Kegiatan Inti (± 130 menit)
1.  Eksplorasi (30 menit)
a.  Guru membagi siswa dalam tatanan pembelajaran kooperatif jingsaw, setiap kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa.
b.  Guru bersama siswa memahami tentang proses instalasi sesuai Installation Manual.
c.  Guru menjelaskan langkah-langkah instalasi software aplikasi
d. Guru membagi kelompok  memilih aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi
e.  Guru membagi materi praktek sesuai dengan pilihan untuk menginstall software aplikasi sesuai kebutuan.
Nilai PBKB yang diharapkan :Rasa ingin tahu, mandiri, kreatif)





2.  Elaborasi (70 menit)
a.  Guru mengawasi dan mengarahkan selama siswa melakukan praktek dalam kelompok / individu.
b.  Guru menarik hasail pembuatan laporan siswa dan mendiskusikan hasil praktek, kelompok lain diminta memberikan tanggapan.
Nilai PBKB yang diharapkan : Demokratis, komunikatif, disiplin

3.  Konfirmasi (30 menit)
a.  Guru memberikan umpan balik kepada siswa
b.  Guru membantu dalam langkah-langkah Installation sesuai dengan Manual Book
c.  Guru membantu menginstall software aplikasi sesuai kebutuan
Nilai PBKB yang diharapkan : Kerja keras, kreatif, komunikatif

C. Kegiatan Akhir (±30 menit)
1.  Guru mereview kembali materi dari pertama
2.  Guru membuat kesimpulan/rangkuman materi dari hasil diskusi
3.  Guru memberikan sesi tanya jawab kepada siswa
4.  Guru menilai kemampuan siswa (Quis, postes)
5.  Guru memberikan penugasan untuk pertemuan yang akan datang
Nilai PBKB yang diharapkan : Jujur, tanggung jawab, kreatif, rasa ingin tahu, disiplin

IX. Sumber Belajar
  1. Buku Manual Aplikasi
2.    Majalah Komputer
3.    Modul Power Point
4.    Peralatan (Komputer, Source Software Aplikasi)

X. Jenis Penilaian
A.  Tes Tertulis
B.  Tes Praktek
C. Pengamatan/Observasi




A.     Tes Tertulis
1.    Langkah  awal memulai instalasi software MS Office 2007 lewat CD adalah....
A.    Klik install – klik continue - masukkan CD Key – klik I accept the terms of this agreement - dst
B.    Dobel Klik install – masukkan CD Key – klik continue – klik I accept the terms of this agreement - dst
C.   Klik setup – masukkan CD Key – klik continue – klik I accept the terms of this agreement - dst
D.   Dobel Klik setup – masukkan CD Key –– klik I accept the terms of this agreement - klik continue dst
E.    Dobel Klik setup– masukkan CD Key – klik continue – klik I accept the terms of this agreement – dst


2.    CD Key pada crack instalasi MS Office 2007 terdiri dari ...... karakter
A.    8
B.    16
C.   20
D.   25
E.    30

3.    Dalam pelaksanaan instaling program , muncul kata I “accept”.... maksudnya adalah:
A.    mau
B.    memperbolehkan
C.   menerima
D.   silahkan
E.    lanjutkan

4.    Ketika mendownload software dari internet, hasil downlod diperoleh adalah....
A.    Dicopy langsung bisa digunakan
B.    Masih dalam format RAR
C.   Masih dalam format PDF
D.   Langsung terinstal pada PC
E.    Otomatis terpasang pada system

5.    Untuk menguji keberhasilan instalasi software aplikasi dengan cara ....
A.    Dijalankan tanpa ada masalah
B.    Bisa dibuat shortcut
C.   Muncul dalam icon taskbar
D.   Muncul dalam folder explore
E.    Terdapat dalam start all program








XII.  Rubrik Penilaian ( tes tulis, tes praktik dan observasi )

Aspek
Skor
(1-10)
Bobot
Nilai
Keterangan
Aspek Sikap :



Syarat lulus siswa minimal mencapai nilai 75
1.    Sikap jeli dan tanggap terhadap perubahan kondisi


10
2.    Keselamatan dan kesehatan kerja


5
3.    Menempatakn klasifikasi permasalahan dengan tepat


5
Apek Kognitif :



1.      Kemampuan menjawab soal latihan


5
2.      Kemampuan menjawab soal evaluasi


10
3.      Kemampuan membuat kesimpulan


5
Aspek Psikomotor :



1.    Kemampuan melaksanakan keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam instalasi.


20
2.    Memilih aplikasi yang sesuai dengan sistem operasi


10
3.    Melakukan langkah-langkah Installation sesuai dengan Manual Book..


10
4.    Melakukan installasi  software aplikasi sesuai kebutuan.


20
Jumlah
100

                                                                                                            Pematangsiantar,    Januari 2012

            Ka. Program Keahlian                                                          Guru Mata Pelajaran,
             Teknik Komputer dan Jaringan,   




            Roland Samosir, S. Pd.                                                        Roland Samosir, S. Pd.
            NIP. -----                                                                                  NIP. -----


            Mengetahui                                                                            Menyetujui
            Kepala SMK Swasta HKBP                                                 Waka Kurikulum,
            Pematangsiantar,



            Drs. Alfonso Fieter Hutabarat                                             Lastum Lumbangaol
            NIP. 19600221 198603 1 002                                                 NIP.----
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan               :  SMK Swasta HKBP Pematangsiantar
                        Mata Pelajaran                      :  Produktif TKJ
                        Kode Pelajaran                      :  071. KK - 9
                        Kelas/Semester                     :  X / 2
                        Alokasi Waktu                       : 4 x 45 menit ( 8 Jam pel.  / minggu)

 


I.   Standar Kompetensi
071.KK-9  Melakukan instalasi software

II.  Kompetensi Dasar
9.3. Mengecek hasil instalasi dengan menjalankan software   dan melakukan troubleshooting
.
III. Indikator
a. Kognitif
1.      Menjelaskan langkah-langkah pengoperasian software aplikasi, termasuk menjalankan dan menutup software
2.      Mengikuti prosedur pemeriksaan hasil instalasi
3.      Menjelaskan langkah-langkah penanganan terhadap trouble-shooting yang terjadi pada software

b. Psikomotor :
1.      Mengecek hasil instalasi software
2.      Software dijalankan secara sampling tanpa error
3.      Software ditutup tanpa error
4.      Troubleshooting dilakukan sesuai Installation Manual

c. Afektif:
1.  Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
a)    Jujur
b)    Bekerja keras
c)    Gemar membaca
d)    Menghargai prestasi


2.  Mengembangkan keterampilan sosial, meliputi:
a)    Disiplin
b)    Rasa ingin tahu
c)    Tanggung jawab

IV. Tujuan Pembelajaran
a. Kognitif
1.  Siswa mampu menjelaskan langkah-langkah pengoperasian software aplikasi.
2.  Siswa mampu menjelaskan prosedur pemeriksaan hasil instalasi
3.  Siswa mampu menjelaskan langkah-langkah penanganan terhadap trouble-shooting yang terjadi pada software

b.  Psikomotor
1.  Siswa mampu mengecek hasil instalasi software
2.  Siswa mampu menjalankan Software secara sampling tanpa error
3.  Siswa mampu menutup Software  tanpa error
4.  Siswa mampu melakukan  Troubleshooting sesuai Installation Manual

c.  Afektif:
1.  Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar, siswa dinilai pengamat mampu bersikap dan berperilaku  jujur, peduli, toleransi dan bertanggungjawab sesuai LP Pengamatan perilaku berkarakter.
2.  Keterampilan Social
Terlibat dalam proses belajar mengajar, siswa dinilai pengamat mampu membuat kemajuan dam menunjukan ketrampilan social yang meliputi : bertanya, menyumbang ide  atau pendapat, menjadi pendengar yang baik, berkomunikasi .

V.  Materi Pembelajaran
1.         Mengoperasikan software aplikasi
2.         Jenis-jenis trouble-shooting pada sistem operasi



VI. Model dan Metode Pembelajaran
1. Model:
Model Pengajaran Langsung (MPL).
2. Metode:
 Ceramah, Presentasi, Pemberian Tugas, Praktikum, Diskusi.

VII. Media
1.  LCD dan Komputer
2.  Media Presentasi (slide).

VIII. Langkah-langkah Kegiatan.
Pertemuan ke 1
A. Kegiatan Awal (±20 menit)
1.    Berdoa
2.    Melakukan presensi dan menyampaikan tujuan pembelajaran
3.    Guru memberi salam, tegur sapa, memberi motifasi dan informasi target ketrampilan yang akan dikuasai setelah selesai pembelajaran
Nilai PBKB yang diharapkan : religius, disiplin, jujur, rasa ingin tahu  dan tanggung jawab

B. Kegiatan Inti (± 130 menit)
1.    Eksplorasi (30 menit)
a.  Guru membagi siswa dalam tatanan pembelajaran kooperatif jingsaw, setiap kelompok terdiri dari 5 – 6 siswa.
b.  Guru menjelaskan prosedur pemeriksaan hasil instalasi.
c.  Guru menjelaskan menjelaskan langkah-langkah pengoperasian software aplikasi, termasuk menjalankan dan menutup software
d.  Guru menjelaskan prosedur pemeriksaan hasil instalasi.
e.  Guru membagi materi praktek untuk melakukan  Troubleshooting sesuai Installation Manual
Nilai PBKB yang diharapkan :Rasa ingin tahu, mandiri, kreatif)





2.    Elaborasi (70 menit)
a.  Guru mengawasi dan mengarahkan selama siswa melakukan praktek dalam kelompok / individu.
b.  Guru menarik hasail pembuatan laporan siswa dan mendiskusikan hasil praktek, kelompok lain diminta memberikan tanggapan.
Nilai PBKB yang diharapkan : Demokratis, komunikatif, disiplin

3.    Konfirmasi (30 menit)
a.  Guru memberikan umpan balik kepada siswa
b.  Guru membantu dalam mengidentifikasi kebutuhan aplikasi server
c.  Guru menjelaskan memilih perangkat jaringan sesuai dengan fisik dan kondisi lokasi
Nilai PBKB yang diharapkan : Kerja keras, kreatif, komunikatif

C.    Kegiatan Akhir (± 30 menit)
1.  Guru mereview kembali materi dari pertama
2.  Guru membuat kesimpulan/rangkuman materi dari hasil diskusi
3.  Guru memberikan sesi tanya jawab kepada siswa
4.  Guru menilai kemampuan siswa (Quis, postes)
5.  Guru memberikan penugasan untuk pertemuan yang akan datang
Nilai PBKB yang diharapkan : Jujur, tanggung jawab, kreatif, rasa ingin tahu, disiplin

IX. Sumber Belajar
  1. Buku Manual Aplikasi
2.    Majalah Komputer
3.    Modul Power Point
4.    Peralatan (Komputer, Source Software Aplikasi)

X. Jenis Penilaian
A.  Tes Tertulis
B.  Tes Praktek
C. Pengamatan/Observasi




A.         Tes Tertulis
1.    Di antara Software browser firefox di bawah ini versi yang terbaru adalah ....
A.    3.0
B.    3.6
C.   3.6.2
D.   3.6.3
E.    4.0













2.    Pada gambar kotak dialog di atas, langkah tepat untuk melanjutkan proses instalasi adalah ....
A.    Klik next
B.    Klik cancel
C.   Isi user name
D.   Isi lisensi number
E.    Isi organization

3.    Langkah berikutnya setelah selesai proses instalasi software adalah ....
A.    Mengecek kapasitas hardisk
B.    Mencoba hasil instalsi
C.   Restart PC
D.   Mengecek penggunaan memory
E.    Mematikan PC

4.    Berikut ini komponen PC yang tidak tepat untuk mendukung instalasi MS-Office 2007 yaitu....
A.    Hardisk 40 Gb
B.    System windows XP SP1
C.   RAM 512 Mb
D.   VGA 64 Mb
E.    Processor IP IV 2.0

5.    Langkah untuk melepas software aplikasi dari system windows XP adalah .....
A.    Start – control panel – add hardware – program - remove
B.    Start – control panel – add hardware – program - delete
C.   Start – explore – program files - dellete
D.   Start – control panel -add remove program - dellete
E.    Start – control panel - add remove program - remove



XI.    Rubrik Penilaian ( tes tulis, tes praktik dan observasi )

Aspek
Skor
(1-10)
Bobot
Nilai
Keterangan
Aspek Sikap :



Syarat lulus siswa minimal mencapai nilai 75
1.    Sikap jeli dan tanggap terhadap perubahan kondisi


10
2.    Keselamatan dan kesehatan kerja


5
3.    Menempatakn klasifikasi permasalahan dengan tepat


5
Apek Kognitif :



1.    Kemampuan menjawab soal latihan


5
2.    Kemampuan menjawab soal evaluasi


10
3.    Kemampuan membuat kesimpulan


5
Aspek Psikomotor :



1.    Kemampuan mengecek hasil instalasi software


20
2.    Kemampuan  menjalankan Software secara sampling tanpa error


10
3.    Kemampuan  menutup Software  tanpa error


10
4.    Kemampuan   melakukan  Troubleshooting sesuai Installation Manual


20
Jumlah
100

                                                                                                            Pematangsiantar,    Januari 2012

            Ka. Program Keahlian                                                          Guru Mata Pelajaran,
             Teknik Komputer dan Jaringan,   




            Roland Samosir, S. Pd.                                                        Roland Samosir, S. Pd.
            NIP. -----                                                                                  NIP. -----


            Mengetahui                                                                            Menyetujui
            Kepala SMK Swasta HKBP                                                 Waka Kurikulum,
            Pematangsiantar,



            Drs. Alfonso Fieter Hutabarat                                             Lastum Lumbangaol
            NIP. 19600221 198603 1 002                                                 NIP.----



Kelas XI
1.
2.

Kelas XII
1. Download MWDBCS di sini...
2. MSJ
3. dlll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar